Jumat, 06 Juli 2012

mengendalikan rasa takut


to the point saja : 
MENGAMBIL KENDALI POLA PERILAKU RASA TAKUT ANDA
Bagaimana caranya anda bisa mengambil kendali pola rasa takut agar Anda yakin bereaksi bagus dalam situasi tertekan?
“waspadalah dengan reaksi tak berguna yang disebabkan pola perilaku anda”.
Secara sadar ini berarti berusaha lebih waspada terhadap perilaku sendiri saat keluar dari zona nyaman anda. Anda telah menggunakan pelacak rasa takut untuk mengungkap rasa takut anda dan mengeluarkannya.
           Anda kini dapat melangkah ke fase waspada berikutnya dan mempelajari bagaimana pola perilaku rasa takut mendorong anda untuk bereaksi.
Pikirkan kembali sebuah keadaan saat anda bereaksi dengan cara yang tidak anda sukai. Misalnya, seperti situasi berikut:
o   Menghindari kontak mata dengan orang yang dikenalkan pada anda.
o   Meminta maaf untuk sesuatu yang bukan salah anda
o   Menolak pujian seseorang.
o   Tak dapat mengemukakan pendapat anda saat rapat
o   Ingin berkata ‘tidak’, tetapi merasa tidak mampu melakukannya.
   Penting mengetahui pola perilaku rasa takut mana yang tak berguna dan keadaan yang memicu mereka dalam usaha mengambil kendali diri anda sendiri. Begitu anda merasa telah mengidentifikasikan pola perilaku rasa takut yang tak bermanfaat itu, langkah berikutnya adalah tanyakan pada diri anda, “ apakah saya ingin mengubah hasil dari yang diberikan pola perilaku rasa takut pada saya?”
   Jika jawaban anda "tidak" dan anda ingin  berusan dengan pola perilaku rasa takut  anda di lain waktu, tidak apa-apa. yang penting anda waspada pada perilaku rasa takut anda.
   Jika jawaban anda "Ya" dan ingin mengubah hasil pamicu pola rasa takut anda,  maka anda memiliki bahan kunci untuk mengambilkendali diri. Walau penting mewaspadai pola perilaku rasa takut anda, yang tak kalah penting  memiliki keinginan kuat untuk mengubah pola yang tidak bermanfaat.
   Contoh berikut bisa kita ambil seperti dalam gambar Film "Bill Gate". Sebagaimana Steve Jobs  sebelumnya meremehkan Bill Gates dengan kata-kata yang merandahkan kemampuannya. Namun, Bill Gates membalas " Apa yang engkau katakan tidak ada pengaruhnya sama sekali bagiku !... "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar